Wednesday, June 29, 2011

Rossi Gunakan Sasis 2012

ASSEN -- Ducati tidak mau terus terpuruk di MotoGP 2011. Produsen motor asal Italia itu memutuskan untuk menggunakan sasis dan gearbox baru, yang sebenarnya digunakan untuk MotoGP 2012.

Hingga balapan di MotoGP Belanda ini, Valentino Rossi dan Nicky Hayden memang belum pernah merasakan manisnya naik podium juara. Prestasi terbaik Rossi adalah finis di urutan ketiga. Segala cara dilakukan Ducati untuk meningkatkan prestasi Rossi.

 
Kabar terakhir menyebutkan, manajemen telah memutuskan untuk menggunakan sasis motor 2012. Motor baru ini campuran antara GP11 dan GP12. Motor baru yang diberi nama GP11.1 itu, terinspirasi dari sistem yang digunakan oleh Repsol Honda.
"Buat GP11.1, departemen Corse Ducati memang sudah menyiapkan motor berkekuatan mesin 800cc itu. Motor itu akan menggunakan gearbox baru, desain itu mulai diproses pada 2010," demikian pernyataan Ducati dilansir Crash.net, Selasa, 21 Juni.

Direktur teknis Filippo Preziosi mengatakan, keputusan untuk membawa GP11.1 di Assen itu untuk meningkatkan hasil yang ada saat ini. Namun Preziosi mengakui, Rossi belum menjajal kemampuan motor GP11.1.

"Kami memutuskan untuk memakai GP11.1 yang menggunakan mesin 800cc dengan sasis untuk GP12. Hal ini dilakukan untuk perkembangan motor tahun depan dan juga menyediakan pembalap kami dengan hasil lebih baik dari kompetisi sekarang," jelas Preziosi.

"Mengingat Rossi belum pernah menjajal GP11.1, kami memang membutuhkan waktu beberapa balapan untuk mengambil keputusan ini. Tetapi kami memutuskan untuk menggunakannya karena percaya sangat penting demi proses perkembangan pada motor," tandasnya.

Terpisah, pembalap Repsol Honda, Casey Stoner, antusias memburu kemenangan keempatnya secara beruntun musim ini. Sebelumnya Stoner menaklukan Le Mans, Catalunya, dan Silverstone akhir pekan lalu.

"Seri Silverstone bukanlah balapan yang mudah. Memenangkannya dan menjadi pemuncak klasemen merupakan hal yang luar biasa. Saya sudah tak sabar berangkat ke Assen, trek yang bagus dan menarik buat saya," ucap Stoner seperti dilansir Roadracingworld, Selasa, 21 Juni.

"Saya yakin dengan RC212V yang saya kendarai akan berlari dengan baik di segala sirkuit sejauh ini. Tapi kami semua tetap akan bekerja mengembangkan settingan yang lebih baik pada motor dan kini kami harus fokus terlebih dahulu pada seri selanjutnya," tambah pembalap berusia 25 tahun tersebut. (bs)


0 comments:

Post a Comment

may leave some comments or suggestions.