Wednesday, June 15, 2011

Resesnsi Buku Hama & Penyakit, Masalah & Solusinya

Judul               : HAMA & PENYAKIT TANAMAN, Masalah & Solusinya
Penulis           : Widada Agus Suryana
Penerbit         : Kanisius, Yogyakarta
Cetakan ke-  : 1
Tahun            : 2010
Tebal buku    : 171 halaman

Sinopsis Buku
Buku Hama & Penyakit, Masalah & Solusinya berisi tentang berbagai permasalahan hama dan penyakit yang timbul pada berbagai tanaman budidaya. Konteks pembahasannya dibahas dalam tiga bagian yaitu (1) Hama dan Penyakit Tanaman Pangan, (2) Hama dan Penyakit Tanaman Hortikultura, dan (3) Hama dan Penyakit Tanaman Perkebunan. Dalam buku disampaikan berbagai masalah dan solusi untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat, khususnya masyarakat petani. Solusi yang ditawarkan dalam buku ini tentu saja bukan satu-satunya jalan keluar, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi dalam usaha mengendalikan hama dan penyakit tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Buku
·         Kelebihan
o   Buku ini menjelaskan tentang suatu masalah hama dan penyakit yang disertai dengan solusi yang jelas dan dapat dipahami.
o   Masalah yang disampaikan dalam buku ini sering terjadi di tengah-tengah masyarakat petani sehingga manfaat dari buku lebih terasa dan kelihatan.
o   Bahasa yang digunakan mudah dipahami.
o   Solusi yang disampaikan dalam buku ini lebih mengarah ke Pengendalian Hama Terpadu (PHT) dan itu bagus untuk pertanian saat ini.
o   Disampaikan dalam tiga bagian yaitu (1) Hama dan Penyakit Tanaman Pangan, (2) Hama dan Penyakit Tanaman Hortikultura, dan (3) Hama dan Penyakit Tanaman Perkebunan.

·         Kekurangan Buku
o   Solusi yang ditawarkan dalam buku ini bukan satu-satunya jalan keluar permasalahan.
o   Kurang terdapat gambar mengenai hama dan penyakit.

Kesimpulan
Buku ini sangat cocok bagi petani yang mengalami masalah dengan gannggan hama dan penyakit yang menyerang tanaman budidaya. Dengan solusi yang disampaikan dalam buku ini diharapkan memberikan manfaat bagi para pembaca. Pembaca akan mengetahui bagaimana langkah-langkah untuk mengatasi masalah hama dan penyakit. Solusi dalam buku ini tidak satu-satunya jalan untuk mengatasi masalah, jadi perlu adanya informasi dari berbagai sumber (Pandu Bagus Wicaksono).  

0 comments:

Post a Comment

may leave some comments or suggestions.